Metode Bimbingan Kelompok dalam Bimbingan dan Konseling: Homeroom

 

HOMEROOM

 


Pengertian Homeroom

Menurut Rumegang (2020) homeroom merupakan kegiatan-kegiatan yang dilakukan dalam suatu ruangan (kelas) guna kegiatan bimbingan belajar dalam usaha memperoleh pemahaman yang lebih mendalam. Dalam program homeroom ini hendaknya diciptakan suatu situasi yang bebas dan menyenangkan, sehingga peserta didik dapat mengutarakan perasaannya seperti di rumah. Sedangkan teknik home room menurut Pietrofesa (dalam Amrullah, 2021) adalah teknik untuk mengadakan pertemuan dengan sekelompok peserta didik di luar jam-jam pelajaran dalam suasana kekeluargaan, dan dipimpin oleh konselor.

Sedangkan menurut Tohirin homeroom adalah program yang dilakukan di sekolah (di dalam kelas) di luar jam pelajaran untuk membicarakan beberapa hal yang dianggap perlu. Teknik ini dilakukan dengan menciptakan suatu kondisi sekolah atau kelas seperti di rumah, sehingga tercipta suatu kondisi yang bebas dan menyenangkan. Berdasarkan berbagai pengertian tersebut dapat disimpulkan bahwa homeroom merupakan teknik yang digunakan untuk menciptakan suasana kekeluagaan dengan peserta didik yang dilakukan diluar jam sekolah supaya peserta didik dapat lebih saling terbuka.

 

Karakteristik Homeroom

Adapun karakteristik dari homeroom yaitu:

  1. Teknik ini pasti bersifat terbuka. Seluruh anggota kelompok harus mau terbuka satu sama lain tanpa ada informasi yang ditutup-tutupi.
  2. Bersifat kekeluargaan. Konselor harus bisa menghadirkan rasa nyaman dan hangat dalam kelompok.
  3. Dilakukan secara berkelompok dalam suasana hangat, bebas, nyaman, dan menyenangkan.

 

Tujuan dan Manfaat Homeroom

Tujuan dari pelaksanaan teknik home room yaitu:

  1. Agar guru dapat mengenal murid-muridnya dengan lebih baik sehingga dapat membantunya secara efisien
  2. Menjadikan peserta didik akrab dengan lingkungan baru
  3. Untuk memahami diri sendiri (mampu menerima kekurangan dan kelebihan diri sendiri ) dan memahami orang lain dengan (lebih) baik
  4. Untuk berpartisipasi dalam kegiatan kelompok
  5. Untuk mengembangkan sikap positif dan kebiasaan belajar
  6. Untuk menjaga hubungan sehat dengan orang lain
  7. Untuk mengembangkan minat dan keterlibatan dalam kegiatan ekstrakurikuler
  8. Untuk membantu peserta didik dalam memilih bidang spesialisasi
  9. Sadar akan kepentingan sendiri

 

Sedangkan manfaat dari adanya teknik homeroom menurut Hastiti (2004) yaitu:

  1. Adanya kesempatan untuk berkontak dan komunikasi dengan banyak peserta didik
  2. Memberikan informasi yang dibutuhkan oleh peserat didik
  3. Peserta didik dapat menerima dirinya setelah menyadari bahwa teman-temannya sering menghadapi persoalan, kesulitan,dan tantangan yang kerap kali sama
  4. Peserta didik menyadari tantangan yang dihadapinya; lebih berani mengemukakan pandanganya ketika berada dalam suatu kelompok; lebih menerima pandangan atau pendapat yang dikemukakan oleh seoarang teman dari pada yang diutarakan oleh seorang konselor

 

Prosedur Pelaksanaan Homeroom

Pelaksanaan bimbingan kelompok dengan teknik homeroom ini sama dengan bimbingan kelompok pada umumnya, yang menjadi pembeda hanyalah teknik yang digunakan yaitu homeroom dimana suasana kekeluargaan ini harus tercipta. Adapun tahapan pelaksanaan homeroom yaitu:

  1. Tahap Pembentukan

Pada tahap ini para anggota kelompok membentuk suatu lingkaran dan saling memperkenalkan diri, serta adanya penjelasan dari pemimpin kelompok mengenai tujuan yang ingin dicapai. Pemimpin kelompok harus bisa menghadirkan suasana yang nyaman terlebih dahulu agar anggota dapat terstimulus dan ikut bertanggung jawab selama kegiatan.

  1. Tahap peralihan

Merupakan tahap dimana pemimpin kelompok bisa menghadrinkan suasan sesuai tujuan serta berperan aktif dalam membawa kelompok agar bisa mengikuti bimbingan dengan baik. Dengan cara menjelaskan kegiatan yang akan dilaksanakan pada tahap selanjutnya, dan menanyai angggota kelompok mengenai kesiapan dalam mengikuti bimbingan.

  1. Tahap inti

Tahap ini merupakan tahap dimana adanya pembahasan mengenai masalah-masalah yang muncul dalam proses bimbingan kelompok.

  1. Tahap pengakhiran

Merupakan tahap paling akhir dari proses layanan bimbingan kelompok dengan ditandai anggota kelompok memberi pesan kesan serta evaluasi mengenai pelaksanaan kegiatan.

 

Kelebihan Homeroom

Menurut Pietrofesa (dalam Amrullah, 2021) mengemukakan bahwa kelebihan teknik homeroom antara lain:

  1. Siswa yang mengikuti homeroom dipimpin oleh guru atau konselor selama satu tahun atau lebih maka kontiniutas dan kemajuan kegiatan bimbingan dapat direncanakan dengan lebih baik.
  2. Waktu yang lama dalam mengikuti homeroom memungkinkan untuk membina kepercayaan dan kohesivitas kelompok, yang merupakan elemen-elemen penting untuk bimbingan kelompok yang efektif.
  3. Bila kegiatan homeroom diorganisasikan sesuai dengan tingkat kelas siswa, maka dapat diprogramkan kegiatan-kegiatan bimbingan yang sesuai dengan tingkat perkembangan siswa.
  4. Apabila struktur kegiatan homeroom dilaksanakan diseluruh sekolah, maka program kegiatan bimbingan dapat dilaksanakan dengan terkoordinasi.

 

Kelemahan Homeroom

Kelemahan dari metode homeroom yaitu:

1. Metode ini tidak akan berjalan mulus jika tidak dalam bentuk kelompok

2. Sulit menggiring siswa pada kondisi nyaman dalam sebuah proses bimbingan sehingga keterampilan konselor dalam membina hubungan baik dengan siswa sangatlah dibutuhkan.

Daftar Rujukan

Amrullah, A. 2021. Efektivitas Layanan Konseling Kelompok dengan Teknik Home Room untuk       Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas VIII MTs Muhammadiyah Sukarame Bandar         Lampung Tahun Pelajaran 2018/2019. Doctoral Dissertation, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Hastuti, Winkel. 2004. Bimbingan Dan Konselin Di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.

Rumegang, R.C. 2020. Penerapan Metode Bimbingan Home Room dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Bimbingan Konseling dan Pendidikan, I (02)

Tohirin. 2013. Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah. Depok: PT. Raja Grafindo Persada.

Komentar

Postingan Populer